1. najis yg di ma'fu baik
sedikit maupun banyaknya, baik di baju maupun di badan,
yaitu : darahnya kutu
loncat, kutu rambut, nyamuk, jerawat, nanah, bisul, cacar dan darah tempatnya
bekam.di ma'funya najis2 tsb dengan 2 syarat :
a) bukan atas
perbuatan diri sendiri, jadi misalnya membunuh kutu kemudian
darahnya mengotori baju dan banyak darahnya maka
tdk di ma'fu.
b) tdk melampaui batas dalam
membiarkannya, karena manusia mempunyai
kebiasaan mencuci baju,jika baju ditinggalkan tanpa dicuci selama
setahun misalnya, dan dibiarkan
bertumpuk2 maka tdk dima'fu.
2. najis yg sedikitnya di ma'fu, jika banyak
tdk dima'fu.
yaitu : darahnya orang lain dan tanah jalanan
yg diyakini najisnya.
3. najis yg di ma'fu bekasnya dan tdk di
ma'fu dzatiyahnya,
yaitu : bekas istinja' dan sisa bau atau
warna najis yg sulit hilangnya.
4. najis yg tdk dima'fu dztiyah dan bekasnya.
yaitu selain najis2 yg disebut diatas.
Pembagian Najis Yang Di ma'fu
1. najis yg di ma'fu di air dan baju.
yaitu : najis yg tdk terlihat pandangan mata,
debu najis yg kering , sedikit asap, rambut, mulutnya kucing dan bayi.yg
semisal air adalah benda cair, dan yg semisal baju adalah badan.
2. najis yg di ma'fu di air dan benda cair
tapi tidak di ma'fu dibaju dan badan .
yaitu : bangkai hewan yg tidak mempunyai
darah mengalir, lobang kotoran burung, kotoran ikan, dan cacing yg muncul dalam
benda cair.
3. sebailknya kedua, dima'fu di baju dan
badan tapi tdk di ma'fu di air dan benda cair.
yaitu : darah sedikit, tanah jalanan, ulat
sutera jika mati didalamnya.maka tdk wajib membasuhnya sebagaimana penjelasan
al hamawy , sedangkan penjelasan qodhi husain sebaliknya.
4. najis yg di ma'fu pada tempat saja.
yaitu : kotoran burung di masjid2 dan tempat
towaf,dan di samakan dengannya yaitu sesuatu yg berada dalam perut ikan yg
kecil .
- kitab asbah wan nadhoir
تقسيم النجاسات
أقسامأحدها : ما يعفى عن قليله وكثيره
في الثوب والبدن وهو : دم البراغيث والقمل والبعوض والبثرات والصديد والدماميل
والقروح وموضع الفصد والحجامة ولذلك شرطان
أحدهما : أن لا يكون بفعله ، فلو قتل
برغوثا فتلوث به وكثر : لم يعف عنه
والآخر : أن لا يتفاحش بالإهمال فإن
للناس عادة في غسل الثياب ، فلو تركه سنة مثلا وهو متراكم لم يعف عنه قال الإمام :
وعلى ذلك حمل الشيخ جلال الدين المحلي قول المنهاج إن لم يكن بجرحه دم كثير .
الثاني : ما يعفى عن قليله دون كثيره
وهو : دم الأجنبي وطين الشارع المتيقن نجاسته .
الثالث : ما يعفى عن أثره دون عينه
وهو : أثر الاستنجاء ، وبقاء ريح أو لون عسر زواله .
الرابع : ما لا يعفى عن عينه ولا أثره
وهو ما عدا ذلك .
أحدها : ما يعفى عنه في الماء والثوب
وهو : ما لا يدركه الطرف وغبار النجس الجاف وقليل الدخان والشعر وفم الهرة
والصبيان . ومثل الماء : المائع ومثل الثوب : البدن
الثاني : ما يعفى عنه في الماء
والمائع دون الثوب والبدن وهو الميتة التي لا دم لها سائل ومنفذ الطير وروث السمك
في الحب والدود الناشئ في المائع .
الثالث : عكسه ، وهو : الدم اليسير
وطين الشارع ودود القز إذا مات فيه : لا يجب غسله صرح به الحموي وصرح القاضي حسين
بخلافه
الرابع : ما يعفى عنه في المكان فقط ،
وهو ذرق الطيور في المساجد والمطاف كما أوضحته في البيوع ويلحق به ما في جوف السمك
الصغار على القول بالعفو عنه لعسر تتبعها وهو الراجح .
Macam-macam najis dari segi di ma'funya.
1. najis yg di ma'fu jika ada di baju dan
badan yaitu najis yg sangat kecil yg tidak terlihat oleh mata.
2. najis yg di ma'fu di baju tapi tidak di
ma'fu jika ada di air , yaitu : seperti darah yg sedikit.
3. najis yg di ma'fu di air tapi tidak di
ma'fu jika ada di baju : seperti bangkai yg tidak mengalir padanya darah ,
seperti bangkai lalat dan semut.
4. najis yg tidak di ma'fu sama sekali yaitu
selain dari pada najis yg telah di sebutkan di atas.
التقريرات السديدة ج ١ ص ١٣٠.
أقسام النجاسات المعفو عنها أربعة :
١. ما يعفى عنه في الثوب و الماء و هو
ما لا يدرك الطرف .٢. ما يعفى عنه في الثوب دون الماء كقليل الدم.٣. ما يعفى عنه
في الماء دون الثوب : الميتة التي لا دم لها سائل كذباب و نمل.٤. ما لا يعفى عنه
مطلقا : بقية المجاسات.
و الله أعلم.
Komentar:
0 comments: