Derajat Ruh Dalam Alam Kubur, seputar ruh, artikel islam, kajian akidah islam, kajian islam, kajian ahlussunnah wal jama'ah
Barzakh adalah alam kubur yang membatasi antara dunia dan akhirat. Barzakh menjadi tempat persinggahan sementara jasad makhluk sampai dibangkitkannya pada hari kiamat. Penghuni barzakh berada ditepi dunia (masa lalu) dan akhirat (masa depan).

Ada beberapa perbedaan pendapat dari Para Ulama mengenai Ruh orang yg sudah mati saat ini, Berdasarkan dalil2 syar’i, ruh berada dalam barzakh dan mempunyai derajat atau tingkatan yg berlainan sesuai dengan derajat dan kualitas mereka sewaktu hidup di dunia. Berikut tingkatan ruh di dalam alam kubur (barzakh) :

1. Ruh yang berada di Illiyin, dalam singgasana paling atas, yakni ruh nya para Nabi. Disinipun tingkatan mereka berbeda-beda.
2. Ruh yang berada dalam tembolok burung hijau, yang terbang sesuka hati di area surga, yaitu ruh sebagian orang yang mati syahid.
Diriwayatkan oleh Abdullah Bin Mas’ud, Rasulullah Bersabda:

“Ruh para syuhada, berada didalam tembolok burung hijau, mereka memiliki kendali-kendali yang menempel dibawah Arsy, Mereka terbang bebas kesana-kemari didalam syurga, setelah itu kembali kekendil-kendil tersebut. Lalu Allah menengok mereka dan berfirman : ’Apakah kalian menginginkan sesuatu..?’. 
Mereka menjawab: ”apalagi yang kami inginkan,sedangkan kami telah bebas terbang kesana kemari dalam syurga, Allah menanyai mereka sebanyak tiga kali, Akhirnya mereka merasa diharuskan untuk meminta.
Mereka berkata: ’Ya Allah, kami minta agar ruh kami dikembalikan kejasad kami, agar kami bisa kembali kedunia dan mati Syahid dijalan-Mu sekali lagi..! Allah melihat mereka tidak meminta sesuatu lagi, akhirnya mereka ditinggalkan,”
3. Ruh yang Tertahan di pintu surga, yaitu Ruh nya Para Syuhada yang mati meninggalkan hutang atau sebab perkara lainnya di dunia :
Abdullah Bin Jahsy berkata,bahwa seorang datang menemui Nabi , dan berkata : ” Wahai Rasulullah, apa yang kelak aku dapatkan jika aku terbunuh dijalan Allah..?. Nabi menjawab : ”Surga”, ketika orang itu beranjak pergi Nabi berkata : ”Kecuali jika Ia Masih menanggung Hutang, baru saja Jibril memberitahukan kepadaku "
4. Ruh yang tertahan di Bumi
Adapula ruh yang tertahan dibumi dan tidak bisa naik untuk tinggal bersama penghuni langit. Mereka ialah ruh yang jelek,yaitu ruh yang tinggal di periuk tempat mengazab para pezina. Dalam Sebuah Hadist dijelaskan adapula ruh yang tinggal di sungai darah dan dilempari batu.

5. Ruh yang tertinggal di Alam Kubur (Barzakh) mendapat siksa
Adapula ruh yang tinggal di dalam kubur,seperti tercantum dari riwayat sahabat Ibnu Abbas, Rasulullah melewati dua kubur dan bersabda : “Mereaka berdua sedang disiksa , Mereka disiksa bukan karena persoalan besar “Lalu menambahkan” Tetapi perbuatan itu besar, yang satu tidak bersuci setelah kencing dan yang satu lagi sering menggunjing dan mengadu domba.”
(HR Bukhari-Muslim)

6. Ruh yang berada dalam tempat yang paling bawah dan paling hina, yakni ruh nya orang2 kafir dan pendosa besar. mereka mendapat azab kubur yg berat, dan diperlihatkan kepada mereka tempatnya di neraka pada pagi dan petang.
Allah SWT Berfirman :

“Sesungguhnya orang2 yg mendustakan ayat2 kami dan berlaku sombong terhadapnya, pintu langit tak akan terbuka bagi mereka”
(QS. Al-A’raf : 40)
Axact

Dalwa Dakwah

Dalwa Dakwah adalah situs yang dikelola oleh Santri Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil - Pasuruan. Dalwa Dakwah berusaha menyebarkan dakwah Islamiyyah Ahlu Sunah wal Jama'ah di jagad maya. .

Komentar:

0 comments: