Pernahkah
terlintas dalam pikiran bahwa para Ahli hadits begitu banyak melakukan ibadah
shalat sunnah yang begitu menakjubkan. Karomah mereka sangat jelas dalam
giatnya mereka melakukan ibadah yang sangat sulit untuk ditiru oleh orang yang
biasa. Bahkan mereka menentukan jumlah dan mengkhususkan waktu shalat sunnah
mereka sendiri.
Tidak tanggung-tanggung, bukan hanya ratusan raka'at bahkan ada yang mencapai
ribuan raka'at. Sebagai Ahli hadits mereka sangat paham perkara baru yang
mereka lakukan. Berikut sebagian ibadah-ibadah yang mereka tentukan :
1. Imam al-Bukhari (15126 rakaat)
وقال
الفربري قال لي البخاري: ما وضعت في كتابي الصحيح حديثاً إلا اغتسلت قبل ذلك وصليت
ركعتين
(طبقات الحفاظ -
ج 1 / ص 48 وسير أعلام النبلاء 12 / 402 وطبقات الحنابلة 1 / 274، وتاريخ بغداد 2
/ 9، وتهذيب الاسماء واللغات 1 / 74 ووفيات الاعيان 4 / 190، وتهذيب الكمال 1169،
وطبقات السبكي 2 / 220، ومقدمة الفتح 490 وتهذيب التهذيب 9 / 42)
“al-Farbari berkata
bahwa al-Bukhari berkata: Saya tidak meletakkan 1 hadis pun dalam kitab Sahih
saya, kecuali saya mandi terlebih dahulu dan saya salat 2 rakaat”
(Diriwayatkan oleh
banyak ahli hadis, diantaranya dalam Thabaqat al-Huffadz, al-Hafidz
as-Suyuthi,1/48, Siyar A’lam an-Nubala’, al-Hafidz adz-Dzahabi 12/402, Thabaqat
al-Hanabilah, 1/274, Tarikh Baghdad 2/9, Tahdzib al-Asma, Imam an-Nawawi, 1/74,
Wafayat al-A’yan 4/190, Tahdzib al-Kamal, al-Hafidz al-Mizzi 1169, Thabaqat
as-Subki 2/220, dan al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Muqaddimah al-Fath 490 dan
at-Tahdzib 9/42)
Sedangkan hadis yang tertera dalam Sahih al-Bukhari berjumlah 7563 hadis.
Maka salat yang beliau lakukan juga sesuai jumlah hadis tersebut atau 15126
(lima belas ribu seratus dua puluh enam) rakaat.
وروينا
عن عبد القدوس بن همام، قال: سمعت عدة من المشايخ يقولون: حول البخارى تراجم جامعه
بين قبر النبى - صلى الله عليه وسلم - ومنبره، وكان يصلى لكل ترجمة ركعتين (تهذيب
الأسماء - (1 / 101)
“Kami meriwayatkan dari
Abdul Quddus bin Hammam, bahwa ia mendengar dari para guru yang berkata seputar
al-Bukhari ketika menulis bab-bab salam kitab Sahihnya diantara makam Nabi dan
mimbarnya, dan al-Bukhari salat 2 rakaat dalam tiap-tiap bab” (Tahdzib
al-Asma’, an-Nawawi, 1/101)
2. Imam Malik bin Anas (800 rakaat)
حدثنا
أبو مصعب و أحمد بن إسماعيل قالا مكث مالك بن أنس ستين سنة يصوم يوماً ويفطر يوماً
وكان يصلي في كل يوم ثمانمائة ركعة (طبقات الحنابلة 1 / 61)
“Abu Mush’ab dan Ahmad
bin Ismail berkata: Malik bin Anas berpuasa sehari dan berbuka sehari selama 60
tahun dan ia salat setiap hari 800 rakaat” (Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Abi
Ya’la, 1/61)
3. Imam Ahmad Bin Hanbal (300
rakaat)
جعفر
بن محمد بن معبد المؤدب قال: رأيت أحمد بن حنبل يصلي بعد الجمعة ست ركعات ويفصل في
كل ركعتين (طبقات الحنابلة 1 / 123)
“Jakfar bin Muhammad bin
Ma’bad berkata: Saya melihat Ahmad bin Hanbal salat 6 rakaat setelah Jumat,
masing-masing 2 rakaat” (Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Abi Ya’la, 1/123)
بشر
بن المفضل بن لاحق البصري الرقاشي أبو إسماعيل. قال أحمد: إليه المنتهى في
التثبت بالبصرة وكان يصلى كل يوم أربعمائة ركعة ويصوم يوماً ويفطر يوماً وكان ثقة
كثير الحديث مات سنة ست وثمانين ومائة (طبقات الحفاظ 1 / 24)
“Imam Ahmad berkata
tentang Basyar bin Mufadzal al-Raqqasyi: Kepadanyalah puncak kesahihan di
Bashrah. Ia salat setiap hari sebanyak 400 rakaat, ia puasa sehari dan berbuka
sehari. Ia terpercaya dan memiliki banyak hadis, wafat 180 H” (Thabaqat
al-Huffadz, al-Hafidz as-Suyuthi,1/24)
5. Cucu Sayidina Ali (1000 rakaat)
ذو الثفنات
علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب زين العابدين سمي بذلك لأنه كان يصلى كل يوم ألف
ركعة فصار في ركبتيه مثل ثفنات البعير (تهذيب الكمال - 35 / 41)
“Ali bin Husain bin Ali
bin Abi Thalib, hiasan ahli ibadah, disebut demikian karena ia salat dalam
sehari sebanyak 1000 rakaat, sehingga di lututnya terdapat benjolan seperti
unta” (Tahdzib al-Asma’, al-Hafidz al-Mizzi, 35/41)
وقال
مالك بلغني أنه (علي بن الحسين بن علي بن أبي طالب) كان يصلي في اليوم والليلة ألف
ركعة إلى أن مات (تذكرة الحفاظ للذهبي 1 / 60)
“Malik berkata: Telah
sampai kepada saya bahwa Ali bin Husain salat dalam sehari semalam 1000 rakaat
sampai wafat” (Tadzkirah al-Huffadz, al-Hafidz adz-Dahabi, 1/60)
6. Maimun bin Mahran (17000 rakaat)
ويروى
ان ميمون بن مهران صلى في سبعة عشر يوما سبعة عشر الف ركعة (تذكرة الحفاظ 1 / 99)
“Diriwayatkan bahwa
Maimun bin Mahran salat dalam 17 hari sebanyak 17000 rakaat” (Tadzkirah
al-Huffadz, al-Hafidz adz-Dahabi, 1/99)
7. Basyar bin Manshur (500 rakaat)
قال
ابن مهدى ما رأيت أحدا أخوف لله منه وكان يصلي كل يوم خمسمائة ركعة وكان ورده ثلث القرآن
(تهذيب التهذيب 1 / 403)
“Ibnu Mahdi berkata:
Saya tidak melihat seseorang yang paling takut kepada Allah selain Basyar bin
Manshur. Ia salat dalam sehari 500 rakaat, wiridannya adalah 1/3 al-Quran”
(Tahdzib at-Tahdzib, al-Hafidz Ibnu Hajar, 1/403)
8. al-Harits bin Yazid (600 rakaat)
الحارث
بن يزيد قال احمد ثقة من الثقات وقال العجلي والنسائي ثقة وقال الليث كان يصلي كل
يوم ستمائة ركعة (تهذيب التهذيب 2 / 142)
“Ahmad berkata:
Terpercaya diantara orang-orang terpercaya. Laits berkata: al-Harits salat
dalam sehari 600 rakaat” (Tahdzib at-Tahdzib, al-Hafidz Ibnu Hajar, 2/142)
9. Ibnu Qudamah (100 rakaat)
ولا
يسمع ذكر صلاة إلا صلاها، ولا يسمع حديثاً إلا عمل به. وكان يصلَّي بالناس في نصف
شعبان مائة ركعة، وهو شيخ كبير (ذيل طبقات الحنابلة ابن رجب 1 / 203)
“Ibnu Qudamah tidak
mendengar tentang salat kecuali ia lakukan. Ia tidak mendengar 1 hadis kecuali
ia amalkan. Ia salat bersama dengan orang lain di malam Nishfu Sya’ban 100
rakaat, padahal ia sudah tua” (Dzail Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab
al-Hanbali, 1/203)
وكان
يصلِّي بين المغرب والعشاء أربع ركعات، يقرأ فيهن السَّجدة، ويس، وتبارك والدخان.
ويصلَّي كل ليلة جمعة بين العشاءين صلاة التسبيح ويطيلها، ويصلَّي يوم الجمعة
ركعتين بمائة " قل هو الله أحد " الإخلاص، وكان يصلي في كل يوم وليلة
اثنتين وسبعين ركعة نافلة، وله أوراد كثيرة. وكارْ يزور القبور كل جمعة بعد العصر
(ذيل طبقات الحنابلة - 1 / 204)
“Ibnu Qudamah salat
antara Maghrib dan Isya’ sebanyak 4 rakaat, dengan membaca surat Sajdah, Yasin
Tabaraka dan ad-Dukhan. Beliau salat Tasbih setiap malam Jumat antara Maghrib
dan Isya’ dan memanjangkannya. Di hari Jumat ia salat 2 rakaat dengan membaca
al-Ikhlas 100 kali. ia salat sunah sehari semalam sebanyak 72 rakaat. ia
memiliki banyak wiridan. Ia melakukan ziarah kubur setiap Jumat setelah Ashar”
(Dzail Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali, 1/204)
10. Umair bin Hani’ (1000 sujud)
كان عمير
بن هانئ يصلي كل يوم الف سجدة ويسبح مائة الف تسبيحة (تهذيب التهذيب 8 / 134)
“Umair bin Hani’ salat
dalam sehari sebanyak 1000 sujud dan membaca tasbih sebanyak 100.000” (Tahdzib
at-Tahdzib, al-Hafidz Ibnu Hajar, 8/134)|
11. Murrah bin Syarahil (600 rakaat)
قلت:
هو قول ابن حبان في الثقات زاد وكان يصلي كل يوم ستمائة ركعة وقال العجلي تابعي
ثقة وكان يصلي في اليوم والليلة خمسمائة ركعة (تهذيب التهذيب 10 / 80)
“Ibnu Hibban menambahkan
bahwa Marrah bin Syarahil salat dalam sehari 600 rakaat. al-Ajali berkata, ia
tabii yang tsiqah, ia salat dalam sehari 500 rakaat” (Tahdzib at-Tahdzib,
al-Hafidz Ibnu Hajar, 10/80)
12. Abdul Ghani (300)
وسمعت
يوسف بن خليل بحلب يقول عن عبد الغني: كان ثقة، ثبتاً، ديناً مأموناً، حسن
التصنيف، دائم الصيام، كثير الإيثار. كان يصلي كل يوم وليلة ثلاثمائة ركعة (ذيل
طبقات الحنابلة 1 / 185)
“Abdul Ghani, ia
terpercaya, kokoh, agamis yang dipercaya, banyak karangannya, selalu puasa,
selalu mendahulukan ibadah. Ia salat dalam sehari semalam 300 rakaat” (Dzail
Thabaqat al-Hanabilah, Ibnu Rajab al-Hanbali, 1/185)
<>13.وقال
أبو بكر بن الخاضبة سمعت بعض أصحاب أبي إسحاق ببغداد يقول كان الشيخ يصلي ركعتين
عند فراغ كل فصل من المهذب (طبقات الشافعية الكبرى 4 / 217)
“Abu Bakar abin
Khadhibah berkata: Saya mendengar dari sebagian santri Abu Ishaq di Baghdad
bahwa Syaikh (Abu Ishaq) salat 2 rakaat setiap selesai menulis setiap Fasal
dalam Muhadzab” (Thabaqat asy-Syafiiyat al-Kubra, as-Subki, 4/217)
14. Qadli Abu Yusuf (200 rakaat)
وقال
ابن سماعة كان أبو يوسف يصلي بعد ما ولي القضاء في كل يوم مائتي ركعة (تذكرة
الحفاظ للذهبي 1 / 214)
“Ibnu Sama’ah berkata:
Setelah Abu Yusuf menjadi Qadli, ia salat dalam sehari sebanyak 200 rakaat”
(Tadzkirah al-Huffadz, al-Hafidz adz-Dzahabi, 1/214)
15. Ali bin Abdillah (1000 rakaat)
وقال
أبو سنان: كان على بن عبد الله يصلى كل يوم ألف ركعة (تهذيب الأسماء 1 / 492)
“Abu Sanan berkata: Ali
bin Abdillah salat dalam sehari 1000 rakaat” (Tahdzib al-Asma’, an-Nawawi,
1/492)
16. al-Hafidz ar-Raqqasyi (400
rakaat)
الرقاشي
الإمام الثبت الحافظ أبو عبد الله محمد بن عبد الله بن محمد بن عبد الملك البصري:
أبو حاتم وقال: ثقة رضا وقال العجلي: ثقة من عباد الله الصالحين وقال يعقوب
السدوسي: ثقة ثبت قال العجلي: يقال: إنه كان يصلي في اليوم والليلة أربعمائة ركعة
(تذكرة الحفاظ للذهبي – 2 / 37)
“ar-Raqqasyi,
terpercaya, ia salat dalam sehari semalam 400 rakaat” (Tadzkirah al-Huffadz,
al-Hafidz adz-Dzahabi, 2/73)
17. Abu Qilabah (400 rakaat)
وقال
أحمد بن كامل القاضي: حكي أن أبا قلابة كان يصلي في اليوم والليلة أربعمائة ركعة
(تذكرة الحفاظ للذهبي 2 / 120)
“Qadli Ahmad bin Kamil
berkata: Diceritakan bahwa Abu Qilabah salat dalam sehari semalam sebanyak 400
rakaat” (Tadzkirah al-Huffadz, al-Hafidz adz-Dzahabi, 2/120)
18. Cucu Abdullah bin Zubair (1000
rakaat)
مصعب
بن ثابت بن عبد الله بن الزبير وكان مصعب يصلي في اليوم والليلة ألف ركعة ويصوم
الدهر (صفة الصفوة 2 / 197- والإصابة في تمييز الصحابة 2 / 326)
“Mush’ab bin Tsabit bin
Abdillah bin Zubair, ia salat dala sehari semalam 1000 rakaat” (Shifat
ash-Shafwah, Ibnu Jauzi, 2/197 dan al-Ishabah, al-Hafidz Ibnu Hajar, 2/326)
19. Malik Bin Dinar (1000 rakaat)
وروى
بن أبي الدنيا من طرق انه كان فرض على نفسه كل يوم ألف ركعة (الإصابة في تمييز
الصحابة 5 / 77)
“Ibnu Abi Dunya
meriwayatkan dari beberapa jalur bahwa Malik bin Dinar mewajibkan pada dirinya
sendiri untuk salat 1000 rakaat dalam setiap hari” (al-Ishabah, al-Hafidz Ibnu
Hajar, 5/77)
20. Bilal Bin Sa’d (1000 rakaat)
وقال
الاوزاعي كان بلال بن سعد من العبادة على شئ لم يسمع باحد من الامة قوى عليه كان
له في كل يوم وليلة الف ركعة (تهذيب التهذيب 1 / 441)
“Auzai berkata: dalam
masalah ibadah tidak didengar 1 orang yang lebih kuat daripada Bilal bin Sa’d,
ia salat 1000 rakaat setiap hari” (Tahdzib al-Asma’, an-Nawawi, 1/441)
Komentar:
0 comments: